FREQUENTLY ASKED QUESTIONS :

Pertanyaan yang paling sering disampaikan kepada kami.

Anda juga dapat menyampaikan pertanyaan ke alamat email : clean@bnisyariah.co.id

Sertakan identitas dan alamat email agar kami dapat menjawab pertanyaan Anda dengan baik

FAQ

 

Q :  Apakah aplikasi Whistleblowing System (WBS) BNI Syariah ini?

A : Aplikasi Whistleblowing System (WBS) BNI Syariah adalah aplikasi yang disediakan oleh BNI Syariah untuk mengidentifikasi dan menemukan kejadian/kondisi/situasi  yang terindikasi pelanggaran yang terjadi dilingkungan BNI Syariah baik yang dilakukan oleh pihak internal maupun eksternal perusahaan dalam rangka meningkatkan efektifitas penerapan sistem pengendalian internal dan mewujudkan Misi BNI Syariah menjadi acuan dalam tata kelola perusahaan (Good Corporate Governance) yang amanah.

Q : Mengapa saya harus melaporkan pelanggaran ?

A : Untuk membantu mempertahankan dan meningkatkan reputasi BNI Syariah menjadi tempat yang aman, adil, dan jujur untuk bekerja.

Q : Dapatkah saya memilih untuk tidak memberitahukan identitas diri saya ?

A : Semua terserah pada pilihan saudara, apakah saudara memilih untuk mengungkapkan identitas saudara atau tidak, kami jamin kerahasiaannya dan saudara dilindungi

Q : Pelanggaran apa yang harus saya laporkan ?

A : Saudara bisa melaporkan berbagai pelanggaran seperti kecurangan, penggelapan asset, pembocoran informasi, tindak pidana perbankan (tipibank), pelanggaran peraturan/hukum, benturan kepentingan, penyuapan dan atau gratifikasi, kelakuan tidak etis, dan perbuatan melanggar kepatuhan syariah yang terjadi di BNI Syariah atau yang dipersamakan dengan pelanggaran tersebut.

Q : Apa yang perlu saya beritahukan kepada BNI Syariah Clean?

A : Jika saudara melaporkan suatu pelanggaran, saudara sebaiknya memberikan informasi selengkap mungkin, seperti:

  • Apakah pelanggarannya?
  • Siapa yang terlibat dan siapa saksinya?
  • Kapan dan dimana pelanggaran terjadi?
  • Apakah ada bukti-bukti?
  • Apakah ada kerugian finansial?
  • Bagaimana terjadinya?

Q : Bagaimana jika saya mencurigai sesuatu pelanggaran tapi saya tidak yakin ?

A : Temuan dari orang-orang yang pada awalnya tidak yakin akan fakta yang ditemukan. Hal ini biasa terjadi, kami tidak mengharapkan saudara untuk mengetahui secara detail kejadian. Tetapi melaporkan apa yang saudara ketahui sudah lebih dari cukup.

Q : Setelah saya membuat laporan, apakah saya akan terlibat ?

A : Saudara sebagai pelapor akan dilindungi dan dijamin kerahasiaannya.

Q : Apakah saya dapat memonitor laporan tersebut ?

A : Saudara dapat melihat perkembangan status laporan melalui website dengan mengklik status” dan login dengan PIN yang telah diberikan pada saat saudara pertama kali melaporkan.

Q : Apakah bentuk respon yang diberikan kepada pelapor atas laporan yang disampaikan?

A : Respon yang diberikan kepada pelapor berupa respon awal (ucapan terima kasih telah melakukan laporan pelanggaran) beserta pemberian nomor Ticket ID. Respon selanjutnya dapat dilihat setiap saat melalui website WBS BNI Syariah dengan melakukan login dengan nomor Ticket ID yang telah diberikan.

Q : Berapa lama respon atas laporan yang disampaikan diberikan kepada pelapor?

A : Respon awal akan diterima otomatis jika Saudara melaporkan melalui online. Jika pelaporan melalui email respon awal diterima maksimal 2 hari kerja. Untuk laporan melalui surat respon awal dapat dilakukan Saudara sendiri melalui telepon atau email ke alamat yang telah kami sediakan untuk menanyakan Ticket ID.
Respon selanjutnya dapat saudara lakukan setiap saat melalui website dan maksimal dalam 30 (tigapuluh) hari kami wajib memberikan respon lanjutan.

Q : Saya sudah mengirimkan laporan pelanggaran namun di kemudian hari saya ingin merubah/menambahkan data terkait laporan n yang saya lakukan, apa yang harus saya lakukan? Apakah harus membuat pengaduan baru?

A : Data yang sudah dilaporkan sebelumnya tidak dapat dilakukan perubahan namun Saudara dapata menambahkan data lain terkait laporan pelanggaran dengan mengunggah data dalam bentuk seperti dokumen, foto, video, dan lain sebagainya pada saat mengecek status laporan melalui website WBS BNI Syariah dengan ukuran maksimum 3 MB atau melalui email clean@bnisyariah.co.id  atau melalui surat ke Box BSC.